Oleh: BuM | Februari 5, 2010

Jenis-Jenis percetakan

Industri percetakan komersial telah berkembang selama dua dekade. Ada beberapa mesin cetak berikut teknik berbeda. Cetak relief dianggap sebagai salah satu bentuk tertua teknik pencetakan populer digunakan untuk mencetak kualitas tinggi perekat label diri. Jenis lain percetakan, offset sejauh ini merupakan jenis paling populer teknik pencetakan yang diikuti oleh printer di seluruh dunia untuk memproduksi produk-produk berkualitas tinggi yang dicetak dalam siklus yang lebih pendek kali. jenis-jenis percetakan diantaranya adalah:


1. Thermography

Proses Percetakan Thermographic khusus, teknik pencetakan ini bergantung pada panas untuk mencetak surat atau membuat gambar pada selembar kertas. Teknik pencetakan ini juga merupakan proses cetak dilakukan pasca sejalan dengan pencetakan.

Jenis Proses Thermal Printing

• Direct Thermal Printing Proses: Metode ini melibatkan melapisi kertas dengan bahan yang berubah warna ketika dipanaskan.

• Thermal Transfer Printing Proses: Metode ini lebih kompleks di mana pita meleleh dari pada selembar kertas saat pemanasan. Hal ini juga dikenal sebagai termal transfer tinta cetak.

Thermography Proses Printing

Thermography, bubuk Khusus disemprotkan pada lembaran kertas setelah tersebut akan dihapus dari suatu mesin cetak offset. Serbuk ini kemudian disedot keluar dari lembaran dan dibiarkan hanya di mana ada gambar, atau dicetak tinta. Lembaran kemudian bergerak melalui terowongan panas; menyebabkan bubuk mencair dan meninggalkan mengangkat gambar seperti di kartu nama, atau amplop.

contoh produk hasil Thermography printing


2. Screen Printing

Screen Printing Teknik ini adalah tipe khusus pencetakan yang menciptakan gambar tajam menggunakan kain berpori dan sebuah stensil.

Teknik pencetakan layar dapat ditelusuri kembali ke awal abad ke-19 dan mendapatkan popularitas selama perang dunia pertama untuk membuat spanduk dan pencetakan bendera.

Teknik Screen Printing

Sebuah layar yang terbuat dari sepotong berpori, termasuk kain tenun halus sutra, poliester atau nilon yang membentang di atas bingkai kayu atau aluminium. Area layar yang diblokir dengan bahan non-permeabel (a stensil) yang pada gilirannya merupakan negatif dari gambar yang akan dicetak.

Layar ditempatkan di atas selembar kertas atau kain. Tinta ditempatkan di atas layar, dan sebuah pisau karet digunakan untuk menyebarkan tinta secara merata di seluruh layar. Tinta melewati ruang terbuka di layar ke kertas atau kain di bawah ini; diikuti dengan mengangkat layar. Layar dapat lagi digunakan ulang setelah pembersihan. Untuk beberapa layar warna pencetakan pada permukaan yang sama, tinta diperbolehkan untuk kering dan kemudian seluruh proses ini diulang dengan layar lain dan tinta warna yang berbeda. Teknik cetak ini digunakan untuk berbagai mesin sablon.

Penerapan Screen Printing

Jasa sablon menggunakan dan kompatibel dengan berbagai bahan, termasuk tekstil, keramik, logam, kayu, kertas, gelas, dan plastik. Kualitas inilah yang memungkinkan pencetakan ini teknik untuk digunakan dalam industri yang berbeda, dari label produk pakaian, kain label untuk pencetakan papan sirkuit dll.


3. Offset Printing

Offset printing adalah salah satu jenis teknik percetakan yang paling umum digunakan oleh sejumlah industri. Meskipun mesin cetak ini, peralatan yang mahal dengan tingginya biaya setup, proses pencetakan pengeluaran nominal. Teknik cetak offset cukup terkenal, karena kualitas pencetakan yang lebih tinggi dan volume besar pencetakan.

Offset Printing Process

Proses melibatkan menyebarkan tinta pada pelat logam dengan terukir gambar, yang kemudian ditransfer ke permukaan perantara (karet selimut). Hal ini akhirnya diterapkan pada kertas dengan menekan itu terhadap permukaan menengah (karet selimut).

Jenis Offset Printing

• Sheet Fed Offset Printing

• Web Offset Printing

Manfaat Offset Printing

• Teknik ini dapat digunakan pada permukaan lain, termasuk kayu, kain, logam, kulit selain kertas.

• Piring lebih lama hidup daripada langsung menekan litho.

• Tajam, bersih dan konsisten kualitas gambar yang tinggi.

• Lebih baik daripada huruf cetak.

• Kemudahan produksi piring.

Penggunaan Offset Printing

Offset printing adalah salah satu yang paling populer teknik percetakan komersial yang digunakan untuk sejumlah produk. Pencetakan ini teknik yang digunakan oleh mesin cetak offset untuk mencetak kalender, buku, surat kabar, dokumen bisnis dan dokumen hukum dan lain-lain .



4. Letterpress Percetakan

TeknikPercetakan letterpress adalah salah satu teknik pencetakan tertua yang digunakan sejak abad ke-13. Johann Guttenberg diketahui telah memperkenalkan mencetak dari individu-cast, bergerak-reusable jenis huruf ditetapkan bersama-sama dalam bingkai pada abad ke-14.

Juga dikenal sebagai tipografi Percetakan Teknik, teknik percetakan komersial ini, termasuk produksi dari banyak salinan dari suatu gambar dengan berulang-ulang kesan langsung dari tinta, menaikkan permukaan terhadap lembaran atau gulungan kertas terus-menerus.

Proses Percetakan letterpress

Proses pencetakan yang huruf melibatkan mencetak gambar oleh “bantuan” jenis pelat cetak di mana gambar atau wilayah pencetakan dinaikkan di atas area non-cetak. Tinta diterapkan pada roller, yang selanjutnya meneruskannya ke tinta yang terpisah-ranjang tempat film baru diambil untuk lembaran kertas berikut. Selembar kertas dengan cepat ditekan ke atas jenis dan mengayunkan kembali lagi dan akhirnya dihapus, diikuti oleh penyisipan lembaran baru / gulungankertas.

Jenis Mesin Cetak relief

• Flat bed cylinder Machines

• Rotary letterpress printing machines

Penggunaan Teknik Cetak relief

Teknik Letter Press masih digunakan dalam operasi komersial dan operasi khusus termasuk pencetakan, stamping, die-cutting, dll penomoran pencetakan ini banyak digunakan untuk memproduksi kualitas tinggi perekat label diri dalam waktu singkat. Aplikasi lain dari jenis percetakan meliputi:

• Business Cards

• Company Letterhead

• Bukti

• Billheads

• Formulir

• Posters

• Embossing/Timbul

• Hot-leaf Stamping


5. Gravure Printing

Teknik pencetakan gravure digunakan untuk pencetakan jangka panjang dengan lebih tajam, halus dan gambar yang jelas. Jenis pencetakan umumnya digunakan untuk pencetakan volume tinggi kemasan, wallpaper, dan cepat-giftwraps pengeringan menggunakan tinta. Walaupun tidak secara luas digunakan, pencetakan gravure juga menemukan aplikasi dalam pencetakan majalah, kartu ucapan, dan volume tinggi cetak iklan kampanye.

Operasi yang disyaratkan dalam Gravure Printing yaitu:

• Image Preparation/ Persiapan Image Persiapan

• Cylinder Preparation/Persiapan Silinder

• Printing/Percetakan

• Finishing/proses akhir

Proses pencetakan gravure adalah bentuk cetak intaglio. Teknik yang digunakan oleh mesin cetak gravure, menggunakan tertekan atau permukaan cekung untuk pembentukan gambar. Bidang gambar terdiri dari sel-sel berbentuk sarang madu yang terukir atau terukir menjadi sebuah silinder tembaga. Daerah yang unetched silinder mewakili non-gambar atau daerah unprinted. Umumnya silinder berputar dalam bak mandi tinta yang disebut tinta panci. Dengan peralihan silinder, tinta ekstra akan dihapus dari silinder karena dokter mata pisau baja. Image is formed due to the direct transfer of the ink to the substrate ( paper or any other material) while it passes between the plate cylinder and the impression cylinder. Citra terbentuk karena transfer langsung tinta ke substrat (kertas atau bahan lainnya), sementara itu lewat di antara plate cylinder and the impression cylinder.


6. Flexography

Flexography adalah teknik pencetakan besar, yang secara luas digunakan oleh mesin cetak flexographic, untuk mencetak bahan kemasan. Teknik pencetakan flexography ini digunakan untuk mencetak pada sejumlah bahan dan produk termasuk kotak bergelombang, melipat karton, multi-dinding karung, kertas karung, kantong plastik dll.

Flexography digunakan untuk pencetakan pada berbagai bahan termasuk plastik, kertas dll. Hal ini pencetakan jenis proses & teknik penggunaan fleksibel membuat pelat cetak yang terbuat dari karet atau plastik. Piring yang diwarnai dengan sedikit mengangkat gambar diputar pada sebuah silinder yang mentransfer foto ke substrat.

Penerapan Flexography

Layanan pencetakan flexoprinting ini menemukan sejumlah aplikasi dalam industri kemasan cetak dan juga digunakan oleh industri lain untuk kualitas tinggi kemasan.

• Cartons Susu dan Minuman Cartons

• Disposable Cups

• Containers

• Self Adhesive Labels

• Adhesive Tapes Plastik

• Envelopes/Amplop

• Newspapers/koran

• Food and Candy Wrappers


7. Ukiran

Engraving adalah salah satu galian tertua teknik pencetakan ukiran ini menghasilkan paling tajam, paling baik dan paling tajam dibandingkan dengan gambar teknik lainnya. Metode adalah suatu jenis pencetakan gravure melibatkan mendorong substrat terhadap ceruk piring. Substrat / kertas yang agak basah dan tekanan dari kekuatan silinder tinta dari daerah ceruk ke kertas. Sebagai hasil penerapan tekanan, daerah dicetak menaikkan memberikan penampilan berukir.

Penerapan Proses Engraving

• Stationery

• Wedding Cards

• Business Cards

• Letterhead/Surat


8. Embosse/ Timbul

Percetakan timbul juga disebut Blind Printing atau Relief Printing. Teknik pencetakan timbul memungkinkan pemindahan teks atau gambar sebagai bantuan ke berbagai substrat termasuk kertas, kardus dan logam foil. Sisi depan menunjukkan cetak foto sebagai lega, sedangkan timbul sebenarnya dilakukan pada sisi belakang. Teknik pencetakan Embosse melibatkan meningkatkan bidang gambar atau teks pada kertas; gambar menonjol memberikan efek tiga dimensi. Ini jenis pencetakan teknik meningkatkan tampilan produk dan juga meningkatkan biaya pencetakan.

Percetakan timbul Proses

Proses pencetakan yang timbul menciptakan gambar tiga dimensi atau desain dan dilakukan melalui penerapan panas dan tekanan. Proses menggunakan laki-laki dan perempuan mati dan kontra mati, yang cocok sama untuk menekan serat substrat. Timbul pencetakan dapat dengan mudah dilakukan melalui penggunaan mesin timbul dan mesin letterpress Pencetakan timbul Teknik ini dapat diterapkan pada tekstil dan logam juga.

Application of Embossing Printing Penerapan timbul Percetakan

• Paper Napkins/Kertas Serbet

• Greeting Cards

• Textiles Metals/Logam

• Garments/Pakaian

• Diapers


9. Elektrostatik Percetakan

Teknik pencetakan elektrostatik adalah jenis pencetakan dilakukan teknik tanpa piring, tinta atau tipe bentuk. Kertas dilapisi dengan lapisan tipis dari seng oksida, menjadikannya sebagai isolator dalam gelap dan secara bersamaan konduktor listrik ketika terkena cahaya.

These machines are used for printing of geographic maps. Mesin ini digunakan untuk mencetak peta geografis. With the advancement in technology and higher speed, the machines are also being used to print small books. Electrostatic printing machines are used for short run printing as they are faster and also do not cost much. Dengan kemajuan teknologi dan kecepatan yang lebih tinggi, mesin juga digunakan untuk mencetak buku-buku kecil. Elektrostatik mesin cetak digunakan untuk mencetak jangka pendek karena mereka lebih cepat dan juga tidak membutuhkan biaya banyak.

Electrostatic Printing Process Percetakan elektrostatik Proses

This electrostatic printing method makes use of positively charged inks/toners that get attracted to negatively charged paper coated with a layer of zinc oxide. Metode pencetakan elektrostatik ini memanfaatkan bermuatan positif tinta / toner yang bisa tertarik pada kertas bermuatan negatif dilapisi dengan lapisan seng oksida. thereafter the paper is moved through an ink bath tub, where the positively charged articles of ink stick on to the negatively charged paper. kemudian kertas tersebut akan dipindahkan melalui tinta bak mandi, di mana artikel yang bermuatan positif tinta menempel pada kertas yang bermuatan negatif.


10. Digital Printing

Digital printing tidak menggunakan piring, film untuk menghasilkan gambar, itu menggunakan teknologi digital imaging untuk memberikan kualitas tinggi pencetakan. Teknik ini sangat tepat untuk pekerjaan pencetakan kecil. Metode pencetakan pengaturan menghilangkan berbagai biaya yang diperlukan dalam proses pencetakan lainnya termasuk membuat film, piring yang melibatkan reproduksi gambar digital pada permukaan fisik termasuk kertas, film, plastik, kain dll

Mencetak foto digital memungkinkan kinerja tinggi, biaya efektif web-fed digital solusi untuk percetakan komersial. Mencetak foto digital digunakan oleh mesin cetak digital untuk menghasilkan segalanya dengan benar dari grafik dicetak lampiran ke kartu plastik, aplikasi keuangan dll

Digital printing memeliki keuntungan berikut:

• Fast turnaround time. (Fast turnaround time)

• Short printing jobs. (Pendek pekerjaan pencetakan)

• Short run color and mono work. (Jangka pendek warna dan mono bekerja)

Penerapan Digital Printing

• Brochures/Brosur

• Journals/Jurnal

• Booklets/Buklet

Sumber: http://sourcing.indiamart.com/engineering/printing-machines/types-of-printing/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: